Syaikhul Walid Abi Ibrohim Muhammad bin Abdil Wahhab al-Wushobiy hafizhohulloh:
Persyaratan persusuan ada 3:
Haruslah susu bersumber dari susu manusia.
Jika sekiranya ada 2 bayi dalam satu
persusuan dari (susu) kambing atau sapi atau unta, maka keduanya tidak
menjadi saudara, karena haruslah persusuan bersumber dari (susu) manusia
berdasarkan firman Alloh Ta’ala:
(وَأُمَّهَاتُكُمُ اللَّاتِي أَرْضَعْن) [سورة النساء : 23]
“ibu-ibumu yang menyusui kamu”. [Qs. An-Nisaa: 23]
Haruslah persusuan dengan 5 kali
persusuan atau lebih, jika hanya sekali atau dua kali atau tiga kali
atau empat kali maka tidak berdampak. (Yakni tidak menjadi anak
persusuan, pent). Haruslah di masa persusuan yaitu
sebelum masa penyapihan, yaitu pada usia 2 tahun pertama dari usianya,
sebagaimana firman Alloh Ta’ala:
(وَالْوَالِدَاتُ
يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ
يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۚ ) [سورة البقرة : 223]
” Para ibu hendaklah menyusukan
anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin
menyempurnakan penyusuan.” [Qs. Al-Baqarah: 233]
Jika tidak berusia 2 tahun seperti menyusukannya dikala berusia 3 tahun atau 4 tahun atau 5 tahun maka tidak berdampak.
Dan apabila telah menjadi mahrom (karena
persusuan, pent) maka kemahroman menyebar kepada yang disusui dan
keturunannya saja, dan tidak menyebar kepada saudara-saudara lelakinya
dan tidak pula bapak-bapak nya dan ibu-ibu nya, yakni tidak berdampak
bagi induk-induknya (ushul) dan tidak pula kepada pengiring-pengiringnya
(hawasyi).
dan (yang dimaksud) ushul nya adalah
bapak-bapak nya dan ibu-ibu nya, sedangkan (yang dimaksud) hawasyi
mereka adalah saudara-saudara lelaki, paman-paman nya dari garis ayah
dan anak-anak lelaki mereka serta anak-anak perempuan mereka maka tidak
berdampak kecuali pada dirinya (yang disusui) dan bagi cabang-cabang
(furu’) nya saja.
Ini dari sisi yang disusui.
Adapun dari sisi yang menyusui maka
semua kerabatnya adalah kerabat bagi yang disusui, suaminya adalah ayah
(bagi) nya, anak-anak lelakinya adalah saudara-saudara lelaki (bagi)
nya, dan anak-anak perempuan nya adalah saudara-saudara perempuan (bagi)
nya, ayahnya adalah kakek (bagi) nya, dan ibunya adalah nenek (bagi)
nya, dan saudara-saudara lelakinya adalah paman-paman (bagi) nya, dan
saudara-saudara perempuan nya adalah bibi-bibi (bagi) nya, dan
saudara-saudara lelaki suaminya adalah paman-paman (bagi) nya, dan
saudara-saudara perempuan suaminya adalah bibi-bibi (bagi) nya, dan ayah
suaminya adalah kakek (bagi) nya, dan ibu suaminya adalah nenek (bagi)
nya dan seterusnya sebagai bentuk pengamalan terhadap keumuman sabda
Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam:
«يَحْرُمُ مِنَ الرَّضَاعِ مَا يَحْرُمُ مِنَ النَّسَبِ» متفق عليه عن عائشة ورواه مسلم عن ابن عباس.
“Dijadikan mahrom karena persusuan apa
yang dijadikan mahrom karena nasab”. [Muttafaq 'alaih dari 'Aisyah dan
Muslim dari Ibnu Abbas].
Syarah riyadhus sholihin syaikh Ibnu ‘Utsaimin, dalam syarah beliau pada dua hadits (592-593)
Syarah riyadhus sholihin syaikh Ibnu ‘Utsaimin, dalam syarah beliau pada dua hadits (592-593)
Berkata Syaikhuna Abu Ibrohim -waffaqohulloh-:
Dikecualikan pada syarat ketiga:
persusuan anak yang sudah besar apabila ada hajat (keperluan)
sebagaimana pada hadits Salim maula Abu Hudzifah:
«أَرْضِعِيهِ تَحْرُمِي عَلَيهِ»
“Susukanlah dia maka kamu menjadi mahrom baginya”.
Dan lihat tulisanku pada “At-Talkhishul Habir fi hukmi rodhoo’il kabir”.
Wabillahit taufiq.
__✏ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu Abduh.
~~~~~~~~~~
شروط الرضاع ثلاثة
————————
أن يكونَ اللبنُ من آدمية ،
فلو
اشترك طفلان في الرضاع من شاةٍ أو بقرةٍ أو ناقةٍ، فإنهما لا يصيرانِ
أخوينِ، لأنه لابد أن يكون الرضاع من آدمية لقوله تعالى: (
وَأُمَّهَاتُكُمُ اللاَّتِي أَرْضَعْنَكُمْ )[النساء : 23].
أن يكون الرضاع خمس رضعات فأكثر، فإن كان مرةً أو مرتين أو ثلاث مرات أو أربع مرات فإنه لا يؤثر .
أن
يكونَ في زمن الرضاع وهو ما قبل الفطام، أي في الحولين الأولين من عمره،
كما قال الله تعالى : (وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلاَدَهُنَّ
حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَن يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ )[البقرة :
233 ]، فإنْ لم يكن في الحولين بأن أرضعتْه وهو ابن ثلاث سنين أو ربع
سنوات أو خمس سنوات فإنه لا يؤثر.
وإذا ثبت التحريم فإنه ينتشر إلى الرضيع
وذريتِهِ فقط، ولا ينتشر إلى إخوانه ولا آبائه ولا أمهاته، أي لا يؤثر على
أصولِهِ ولا على حواشيه ، وأصولُه هم الآباء والأمهات، والحواشي هم الإخوة
والأعمام وأبنائهم وبناتهم فلا يؤثر إلا عليه وعلى فروعه فقط
هذا من جهة الرضيع.
وأمَّا
مِن جهة المُرْضِعَة فكل أقربائها أقرباؤه، زوجها أبوه وأبناؤها إخوته
وبناتها أخواته وأبوها جده وأمها جدته وإخوانها أخواله وأخواتها خالاته
وإخوان زوجها أعمامه وأخوات زوجها عماته وأبو زوجها جده وأم زوجها جدته إلى
غير ذلك عملًا بعموم قول النبي ـ صلى الله عليه وآله وسلم ـ : (يَحْرُمُ
مِنَ الرَّضَاعِ مَا يَحْرُمُ مِنَ النَّسَبِ )متفق عليه عن عائشة ورواه
مسلم عن ابن عباس .
شرح رياض الصالحين لابن عثيمين ـ رحمه الله ـ عند شرحه لحديثي ( 592 – 593 ).
قال شيخنا أبو إبراهيم ـ وفقه الله ـ :
يستثنى
في الشرط الثالث رضاع الكبير إذا كان للحاجة كما في حديث سالم مولى أبي
حذيفة( أرضعيه تحرمي عليه )وانظر رسالتي ” التلخيص الحبير في حكم رضاع
الكبير “
وبالله التوفيق .
Sumber : Salafy.or.id
0 komentar: